Tumbuhan yang Bisa Dimakan Ketika Tersesat di Hutan

 


https://tigakelinci.com/

Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa di konsumsi di suatu daerah. Karakter masakan di suatu daerah biasanya mencerminkan karakter masyarakatnya.Makanan khas daerah memiliki kandungan gizi dan manfaat yang beragam, sesuai dengan bahan baku, bahan tambahan, dan teknik pengolahan yang digunakan. Bahan utama produk makanan khas daerah adalah bahan nabati/hewani, kandungan nutrisi utamanya adalah karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air. 



Tumbuhan yang Bisa Dimakan Ketika Tersesat di Hutan - Tumbuhan yang Bisa Dimakan Ketika Tersesat di Hutan
Saat tersesat di hutan, penting banget buat kamu ketahui mengenai jenis-jenis tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan.

Pasalnya, kemungkinan-kemungkinan terburuk seperti itu bisa saja terjadi, apalagi saat kamu lupa atau kurang handal dalam membaca arah peta.

Alhasil, satu-satunya cara bertahan hidup terutama saat tidak memiliki stok makanan adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis tumbuhan yang ada di hutan.

Lalu, apa saja tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan? Simak ulasan yang sudah dirangkum CekAja dari berbagai sumber, berikut ini.

1. Jangan memilih tumbuhan berbulu
Banyak tumbuhan yang bisa Anda makan untuk bertahan hidup di hutan. Tapi ada yang perlu Anda perhatikan, hindari mengonsumsi tumbuhan yang berbulu di seluruh tubuhnya.
Tumbuhan berbulu, tidak bisa dicerna oleh organ pencernaan manusia. Kalau tetap nekat memakannya, Anda bisa mengalami iritasi organ pencernaan.

2. Kalau terasa gatal di tangan, hindarilah!
Coba saja gesekkan daun berbulu atau daun lain pilihan Anda di telapak tangan. Jika menimbulkan iritasi jangan dikonsumsi karena bisa berbahaya untuk pencernaan.
Rasa gatal itu akibat zat-zat yang terkandung di dalam daun itu. Artinya zat-zat tersebut tidak ramah untuk tubuh manusia.

3. Pilih tumbuhan yang dimakan monyet/kera

4. Baunya Menyengat dan Nggak enak/Tidak Sedap

5. Tumbuhan Bergetah, biasanya berwarna Susu dan bisa membuat kulit gatal

6. Buahnya terasa pahit dan Berlendir
Selain tips di atas, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang dimakan monyet atau kera. Primata non manusia ini memiliki pencernaan yang mirip dengan manusia. Jadi tumbuhan pilihan mereka, pasti aman untuk Anda konsumsi. jadi sebaiknya tunggu mereka memakan terlebih dahulu..klo nggak sabar karena perut lapar..,tangkap rusa, ayam hutan, kelinci..terus paksa mereka makan..,klo nggak mau..makan aja kelinci nya..!!

Itulah 6 tips dasar untuk memilih tumbuhan liar hutan yang bisa dimakan manusia. Namun, lebih baik tetap waspada dan buatlah persiapan sebaik mungkin saat masuk ke hutan, agar Anda tidak tersasar sama sekali. 

Tanaman yang bisa di konsumsi saat kita tersesat di Hutan :

Rotan
Rotan yang biasanya dijadikan bahan baku kerajinan tangan atau meubel ternyata bisa dikonsumsi. Hanya saja, untuk mengonsumsinya perlu sedikit proses, yakni memotong pucuknya kemudian dibakar agar getah putihnya bisa keluar.

Setelah getah putih keluar, kamu harus mengupas kulitnya. Nah, bagian tengahnya kemudian siap untuk dikonsumsi. Rasanya memang sedikit pahit. Namun, plusnya, rotan ternyata dipercaya berkhasiat untuk mencegah malaria.

Daun semanggi
Mungkin Anda pernah melihat ada rumput kecil di bawah tanah, dan memiliki daun mirip yang berbentuk seperti hati. Inilah daun semanggi atau biasa disebut clover.

Tak sulit untuk menemukan rumput clover. Rumput ini termasuk kosmopolit atau mudah ditemukan di dataran, termasuk hutan Indonesia. Nah, saat tersesat, tanaman inilah yang paling mudah Anda cari untuk bahan makanan. Ambil saja daunnya dan bersihkan kemudian konsumsi.

Cantigi
Pohon kerdil yang tumbuh di puncak gunung dan menjadi pelindung bagi para pendaki ini ternyata buah dan pucuk daun mudanya bisa kita makan juga loh…, rasanya sepet-sepet lezat mirip pucuk daun mette. tidak sedikit juga pendaki yang tidak mengetahui hal ini karena mungkin pas kita mendaki dan sampe puncak persediaan makanan masih melimpah dan bersisa banyak.

Pohpohan
Pohpohan adalah salah satu tumbuhan yang sudah biasa dijadikan lalapan di rumah-rumah. Tumbuhan berdaun lebar ini ternyata banyak ditemukan di hutan Indonesia. Biasanya, bagian pohpohan yang sering dikonsumsi adalah bagian daun mudanya.

Buah Murbei
Tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan yang pertama adalah buah Murbei.
Meski langkah, namun buah ini masih bisa dijumpai di beberapa kawasan hutan di Indonesia.
Ciri-cirinya sendiri hampir serupa dengan strawberry ataupun anggur. Ukurannya kadang bisa 2 hingga 3 cm, dengan warna merah (saat muda) dan ungu tua (saat masak).
Buah Murbei memiliki cita rasa manis dan sedikit kecut. Buah ini juga sangat bermanfaat untuk tubuh, salah satunya bagi penderita anemia.

Honje
Honje atau kecombrang merupakan tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan. Bentuknya sangat unik, dimana tanaman ini terdiri dari daun, bunga, buah, dan juga biji.

Bagian yang bisa kamu makan dari Honje adalah daun, bunga, dan buahnya.
Saat belum dimasak, cita rasa dari Honje sendiri cenderung asam dan pahit. Namun setelah diolah, tanaman ini akan terasa sedikit manis.

Mengonsumsi Honje saat tersesat di hutan, ternyata bisa sangat bermanfaat.
Bukan cuma untuk mengurangi dehidrasi saja, namun juga efekfit untuk bantu memperlancar sirkulasi darah.

Alang-alang
Kamu yang sering menjelajahi hutan ataupun gunung, pasti sudah enggak asing lagi dengan Alang-alang bukan?

Salah satu jenis rumput berdaun panjang dan runcing yang biasa tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia ini, juga termasuk tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan lho.

Caranya yaitu dengan mengisap batang Alang-alang yang ada di bagian bawah dekat akar.
Bahkan gak hanya batangnya, kamu pun bisa mengunyah rumput ini selayaknya memakan lalapan.
Rasanya yang manis, tentu enggak akan membuat kamu mual saat memakan tumbuhan tersebut.
Apalagi ternyata, Alang-alang juga seringnya dimanfaatkan sebagai obat mimisan, peradangan, hingga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pohon Bambu
Kalau tumbuhan yang satu ini sih memang tak sulit untuk dicari, khususnya di wilayah tropis. Kamu bisa memakan Bambu, terutama bagian pangkalnya yang disebut rebung.
Memakan Bambu saat tersesat di hutan dijamin bakal mengenyangkan perut sekaligus memperkuat daya tahan tubuh.

Paku Sayur
Jenis tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan yang keenam adalah Paku Sayur.
Ciri-cirinya adalah berdaun gerigi, memiliki akar yang gemuk, serta tangkainya berwarna hijau.
Untuk mengonsumsinya, kamu bisa merebus terlebih dulu paku sayur, setelah itu baru memakannya sebagai lalapan.

Sangat tidak dianjurkan memakan paku sayur mentah, karena tumbuhan ini mengandung asam sikimat, yang bisa berdampak pada sistem pencernaan.

Selaginella
Tak hanya Pohpohan, tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan lainnya adalah Selaginella.
Termasuk dalam tumbuhan paku-pakuan, Selaginella atau disebut pula daun Rane juga banyak ditemukan di hutan Indonesia.

Tumbuhan ini biasanya berwarna hijau, namun enggak jarang pula berwarna merah atau kebiruan.
Sama halnya dengan Paku Sayur, Selaginella sebaiknya dicuci dan dipotong kecil-kecil, kemudian direbus sebelum akhirnya dimakan.

Jika tidak, tumbuhan ini justru bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Daun Senggani
Tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan ini memiliki bentuk serupa dengan Pohpohan.
Sebelum dimakan, tumbuhan ini mesti direbus terlebih dulu untuk menghilangkan bulu-bulu yang menempel pada daunnya.

Ciri-ciri dari Daun Senggani adalah berdaun tunggal, bertangkai, dan helaian daunnya terlihan memanjang.

Khasiatnya sendiri selain untuk mengenyangkan perut, adalah untuk menetralkan racun dalam tubuh, hingga menghentikan pendarahan pada luka bekas sayatan.

Begonia
Di kalangan pendaki gunung atau yang hobi camping ke hutan, mungkin sudah enggak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini.

Ya, tumbuhan Begonia sendiri memang sudah dikenal sebagai bahan makanan, kala tersesat di hutan atau kehabisan stok cadangan untuk makan.

Bentuk daunnya biasa terlihat asimetris dengan bagian ujung meruncing, dan batang berwarna kemerahan.

Bagian yang sering dimakan dari Begonia adalah batangnya. Meski terasa asam, namun batang Begonia ini cukup mengenyangkan.

Ciplukan
Ini adalah buah yang memiliki rasa manis dan asam.
Buah ini terdapat dalam kelopak bunganya yang berwarna kuning. Sementara untuk warna buahnya sendiri adalah kuning kehijauan.

Ilalang
Jenis Tumbuhan kering yang biasanya terdapat di dataran gersang, di ambil akarnya dan di kunyah-kunyah seperti memakan tebu..rasanya manis sebagai pengganti zat gula dalam tubuh.., bisa dibawa sebagai bekal saat di lereng gunung

Lumut Hati
Lumut hati berbentuk lembaran (talus), rizoidnya tidak bercabang terdapat di bawah tangkai atau lembarannya. Letak antheridium dan archegonium terpisah. Pada umumnya lumut hati mudah ditemukan pada tebing-tebing yang basah, di wilayah puncak/bukit pegunungan. Contoh lumut ini antara lain Ricciocarpus sp. dan Marchantia sp. bisa dimakan dan berfungsi juga sebagai obat sakit perut dan demam.

Nah, itu dia beberapa jenis tumbuhan yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan. Meski aman untuk dikonsumsi, namun sebaiknya kamu tetap harus berhati-hati ya.

Tidak ada komentar:

Metadewa, Metadewa rtp , metadewa game , metadewa slot , metadewa agen resmi , metadewa spin

 Metadewa, Metadewa rtp , metadewa game , metadewa slot , metadewa agen resmi , metadewa spin 🏆 METADEWA metadewa agen resmi 🏆  METADEWA t...