Macam Olahan Hidangan Dari Bahan Bunga , Bukan Untuk Memelet

 

https://tigakelinci.com/

Macam Olahan Hidangan Dari Bahan Bunga , Bukan Untuk Memelet - Macam Olahan Hidangan Dari Bahan Bunga , Bukan Untuk Memelet

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, kita perlu mengonsumsi beragam makanan yang kaya nutrisi. Makanan yang dikonsumsi bisa berupa buah-buahan, daging, sayuran, ikan bahkan beberapa jenis bunga. Perlu kita tahu di sekitar kita ada beberapa jenis bunga yang bisa dimasak menjadi masakan lezat dan menutrisi tubuh dengan baik.

Beberapa jenis bunga ini bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita dan cocok dimasak menjadi masakan tumis, sekedar direbus atau dimasak kuah santan pedas. Bunga apa saja yang bisa diolah menjadi masakan lezat? Simak yang berikut ini.

Bunga Terubuk
Bunga terubuk adalah bunga dari tanaman tebu. Meskipun namanya bunga, tapi bentuknya batang yang beruas-ruas dan berwarna hijau pucat kemerahan. Tekstur dari bunga terubuk ini renyah dan manis saat dimakan. Biasanya, masyarakat mengonsumsi bunga terubuk dalam keadaan mentah sebagai lalapan, dimasak bersama sayur lodeh, sayur asem, dan kare.

Bunga Turi
Jenis bunga pertama ada bunga turi. Bunga turi berasal dari pohon turi. Biasanya bunga turi berwarna putih atau merah muda. Bunga turi bisa diolah menjadi masakan tumis, bobor atau sekedar direbus dan dibuat pecel.

Bunga atau Jantung Pisang
Bunga selanjutnya ada bunga atau jantung pisang. Bunga ini memiliki cita rasa yang khas dan begitu mengggugah selera. Bunga pisang cocok dimasak tumis, kuah santan pedas atau gulai bersama suwiran daging ayam.

Bunga Pepaya
Meski rasa bunga pepaya sedikit pahit, banyak orang yang begitu menyukai bunga ini. Bunga pepaya bisa diolah menjadi masakan tumis yang begitu menggugah selera. Ditumis bersama daun pepaya, ikan teri, udang atau bumbu terasi, bunga pepaya akan terasa makin sedap.

Bunga Bawang
Bunga bawang juga bisa diolah menjadi masakan yang sangat lezat. Bunga bawang bisa diolah menjadi masakan tumis atau masakan kuah santan dan dimasak bersama tempe, tahu atau ikan.

Bunga Kecombrang
Bunga kecombrang memiliki warna merah muda dengan bentuk kuncup sepanjang jari telunjuk. Bunga kecombrang memiliki cita rasa yang cukup asam dan khas. Umumnya, kecombrang dimasak menjadi campuran sambal, masakan tumis dan masakan berkuah.

Bunga Kol
Bunga kol adalah bunga yang sudah tak asing lagi bagi kita. Bunga kol memiliki cita rasa yang enak dan bisa diolah menjadi masakan tumis, masakan berkuah, digoreng atau cukup disantap sebagai lalapan mentah.

Brokoli
Sayur brokoli juga termasuk dalam sayuran yang berupa bunga. Brokoli bisa diolah menjadi masakan lezat dan memiliki kandungan gizi yang sangat mengesankan buat kesehatan tubuh.

Bunga Genjer
Ini juga merupakan bunga yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Dimasak dengan cara ditumis, direbus atau dimasak kuah, bunga genjer akan memberikan sensasi rasa yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Macam Olahan Hidangan Dari Bahan Bunga , Bukan Untuk Memelet

Meski tak umum, tapi nyatanya beberapa orang memiliki kebiasaan aneh seperti makan bunga.

Kebiasaan tersebut sering dilakukan oleh ratu film horor Indonesia, almarhumah Suzana semasa hidupnya.

Suzana diketahui memiliki kegemaran memakan beberapa jenis bunga seperti, mawar, kantil, dan melati.

Ada banyak anggapan mengonsumsi bunga itu baik untuk kesehatan.
Ternyata, bunga memang bisa dijadikan kuliner yang tak hanya unik dan nikmat tetapi juga menyehatkan.

1. Olahan bunga sebagai minuman
Salah satu minuman yang terbuat dari bunga adalah teh dari bunga dandelion.
Dandelion jenis bunga yang biasanya tumbuh liar.
Meski begitu, bunga dandelion ternyata merupakan salah satu jenis edible flower atau bunga yang bisa dimakan.
Bunga Dandelion memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti zat antioksidan, vitamin K, dan mineral meliputi potasium, magnesium, dan kalsium.
Selain bunga dandelion, terdapat jenis bunga lain yang bisa dikeringkan dan dijadikan serupa teh yaitu bunga mawar dan melati.

2. Olahan selai bunga
Bunga mawar ternyata memang dapat dikonsumsi.
Biasanya kelopak mawar sering dijadikan garnish pada hidangan pencuci mulut.
Kelopak bunga mawar juga bisa dijadikan campuran selai.
Kandungan vitamin, polifenol, karotenoid pada bunga mawar sangat baik bagi tubuh.
Tak hanya itu, banyak jenis bunga yang bisa dijadikan sebagai bahan campuran selai, seperti bunga roselia, asoka, dan lavender.

3. Olahan bunga goreng
Bunga kamboja merupakan bunga yang biasa ada di area pemakaman atau di pelataran rumah-rumah antik.
Bunga yang memiliki arom khas ini ternyata juga termasuk edible flower.
Di Thailand olahan bunga kamboja goreng menjadi salah satu camilan yang umum.
Camilan bunga goreng dikenal dengan nama Yum Dok Mai Chub Pang Tod.
Namun, tidak hanya bunga kamboja yang biasa digoreng, bunga jenis lain seperti mawar, krisan, dan bugenvil juga bisa dijadikan camilan yang unik.

5. Olahan bunga pepaya tumis
Olahan dari bunga yang satu ini lebih familiar bagi masyarakat Indonesia,
Meskipun memiliki cita rasa yang sedikit pahit, bunga ini banyak dinikmati.
Berbeda dengan olahan bunga-bunga sebelumnya, biasanya bunga pepaya lebih umum diolah dengan cara ditumis maupun diurap.

Bunga pepaya memiliki banyak kandungan gizi seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan berbagai vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.

Namun ternyata, tidak hanya bunga pepaya yang dapat diolah dengan cara ditumis dan diurap, ada juga jenis bunga lain yaitu bunga turi dan bunga pisang.

Itulah beberapa jenis bunga yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Dari beberapa jenis bunga di atas, mana yang menjadi favoritmu dan seringkali sebagai bahan utama masakan menggugah selera di rumahmu?




Metadewa, Metadewa rtp , metadewa game , metadewa slot , metadewa agen resmi , metadewa spin

 Metadewa, Metadewa rtp , metadewa game , metadewa slot , metadewa agen resmi , metadewa spin ๐Ÿ† METADEWA metadewa agen resmi ๐Ÿ†  METADEWA t...