Tips Menggoreng Ikan agar Teksturnya Lembut dan Rasanya Enak

 

tigakelinci

Tips Menggoreng Ikan agar Teksturnya Lembut dan Rasanya Enak - Anda suka makan ikan, terutama ikan goreng, ? Ya, ikan goreng memang selalu menjadi menu favorit banyak orang. Tak hanya bergizi tinggi, rasanya pun lezat, apalagi jika ditambah dengan teknik menggoreng yang tepat hingga ikan terasa garing di luar namun lembut dan juicy di dalam. Hmm, rasanya ingin tambah terus kan!


Tak sekadar memanaskan minyak lalu meletakkan ikan di dalam wajan, untuk mendapatkan ikan goreng dengan kulit renyah, daging lembut, serta terlihat utuh sempurna dan tak hancur ternyata perlu trik tersendiri lho, . Good news is, Anda tak perlu berguru dengan chef terkenal, triknya mudah dan bisa Anda pelajari berikut ini.

🍽 🍽 Perhatikan wajan untuk menggoreng 🍽 🍽 
Pastikan wajan yang Anda gunakan bersih dari kotoran dan sisa-sisa minyak ya, Cuci bersih dan keringkan hingga benar-benar kering. Wajan yang bersih akan mengurangi risiko ikan lengket di wajan. Anda bisa menggunakan wajan aluminium, stainless steel, wajan besi, atau lebih baik lagi, wajan anti-lengket.

Sesuaikan juga ukuran wajan dengan besar ikan. Jika ikan terlalu besar, jangan paksakan menggorengnya utuh-utuh, karena ikan justru tak akan merata matangnya. Solusinya, potong ikan menjadi dua atau tiga bagian.

🍽 🍽 Penggunaan minyak 🍽 🍽 
Agar tekstur ikan goreng nantinya sempurna, gunakan minyak yang masih baru. Anda juga perlu memperhatikan jumlah minyak. Pastikan minyak tidak lebih dari sepertiga ukuran wajan, karena nantinya minyak akan naik ke permukaan karena dipicu suhu panas. Anda tentunya tak mau minyak meluap, kan?

Minyak pun harus benar-benar panas saat ikan dimasukkan ke dalam wajan. Jika  memasukkan ikan ke dalam minyak yang hangat atau bahkan masih dingin, kemungkinan besar ikan akan lengket dan hancur. 

Goreng ikan hanya saat minyak sudah panas, namun segera turunkan suhu menjadi api sedang ketika ikan sudah dimasukkan ke dalam wajan.

🍽 🍽 Beri perasan lemon ke dalam minyak 🍽 🍽 
Satu tips simpel yang sudah terbukti berhasil, peras sedikit saja lemon ke dalam minyak untuk mengurangi risiko ikan lengket dan ikan meletup serta memuncratkan minyak saat digoreng.

🍽 🍽 Ikan harus segar! 🍽 🍽 
"Aktor utama" dalam menu ini tentu saja ikan itu sendiri, . Dan tentunya, akan sangat baik jika  menggunakan ikan yang benar-benar segar. Ikan yang terlalu lama di kulkas tentu akan berkurang nutrisinya dan teksturnya juga sudah tidak sempurna lagi. Ikan pun jadi lebih sulit garing dan lengket saat digoreng.

Cuci bersih ikan sebelum dibumbui. Siangi sisiknya, buang insang dan isi perut, lalu kerat-kerat ikan di kedua sisinya, lalu cuci bersih di bawah air mengalir. Agar ikan yang berukuran besar cepat matang,  juga bisa membelahnya menjadi dua, mulai dari bagian kepala hingga ekor.

Sebelum membumbui ikan, keringkan ikan menggunakan paper towel, terutama  bagian dalamnya. Kenapa harus dikeringkan? Karena kandungan air yang terlalu banyak di dalam ikan bisa menurunkan suhu minyak dan merusak proses memasak.

🍽 🍽 Marinasi ikan 🍽 🍽 
Agar tak amis, lumuri ikan yang sudah dibersihkan dengan air perasan jeruk lemon, garam, merica, bawang putih, jahe, atau bumbu lainnya sesuai selera. Diamkan ikan minimal selama 1 jam agar bumbu meresap. Tak hanya membuat ikan lebih lezat, cara ini bisa mengurangi risiko ikan lengket dan meletup saat digoreng.

Agar bentuknya cantik, tak mudah hancur dan kulitnya tetap mulus, lumuri ikan dengan sedikit tepung kering sebelum digoreng. Yang juga perlu  ingat, jangan terlalu banyak membalurkan garam karena hal ini justru akan membuat ikan menjadi kering dan keras, bukannya padat dan lembut.

🍽 🍽 Jangan terlalu sering membalik ikan 🍽 🍽 
Menggoreng ikan harus sabar ya, . Jangan terlalu sering membolak-balik ikan meskipun  hanya ingin mengecek kematangannya. Hal ini bisa memengaruhi tekstur kerenyahan ikan, lho. Tak hanya itu, kulit luar ikan pun bisa mudah lepas dan membuat dagingnya mudah hancur dan menyerap minyak.

Sebagai patokan, biasanya tiap sisi membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit (tergantung ketebalan ikan) untuk benar-benar matang.  pun bisa mendengarkan suara minyak untuk memastikan apakah ikan sudah matang. Jika ikan masih basah, suara gemericik minyak akan terdengar ramai. Sebaliknya, suara akan berkurang dan nyaris tak terdengar saat ikan sudah matang, karena tak ada lagi air di dalam minyaknya.

🍽 🍽 Jangan masak ikan selagi masih dingin 🍽 🍽 
, pastikan untuk mendiamkan ikan yang baru dikeluarkan dari kulkas pada suhu ruangan setidaknya 15 menit sebelum mengolahnya, ya. Memasak ikan yang masih dingin -atau bahkan lebih parah, masih beku- akan membuat tingkat kematangan tidak merata, kering di luar, mentah di dalam. Duh!

🍽 🍽 Masak bagian berkulit terlebih dahulu 🍽 🍽 
Jika  memasak ikan yang dibelah dua, atau fillet ikan yang masih berkulit, pastikan untuk meletakkan bagian yang berkulit dulu ya, menghadap wajan. Hal ini penting dilakukan mengingat bagian kulit ikan akan lebih cepat matangnya bila dibandingkan dengan bagian dagingnya.

🍽 🍽 Sentuhan Akhir! 🍽 🍽 
Tampilan ikan goreng yang sempurna adalah kulitnya yang terlihat keemasan dan garing. Saat menusukkan garpu ke tulang belakang, daging ikan pun akan mudah mengelupas dan terpisah dari tulang. Begitu matang, segera angkat ikan dari wajan dan letakkan di atas tisu berlapis kertas agar lemak dan minyak dapat mengering.

Ikan air tawar maupun air laut bisa diolah menjadi berbagai lauk makan yang nikmat. Bahan makanan yang dikenal tinggi protein ini bisa diolah dengan cara digoreng, ditumis, dipanggang, dibakar, maupun dijadikan pepes. Nah, salah satu olahan ikan yang banyak digemari adalah ikan goreng. Ikan goreng ini banyak digemari lantaran cara membuatnya terbilang cukup mudah.

Untuk melengkapi hidangan ikan goreng kamu bisa menyajikannya dengan berbagai sambal dan lalapan. Jika kamu bosan dengan olahan ikan goreng yang itu-itu saja, kamu bisa mengkreasikan ikan goreng dengan bumbu tambahan lainnya, seperti bumbu asam manis atau bumbu pindang. Cara pembuatannya juga praktis dan sederhana, sehingga cocok buat para pemula.

Sebelum digoreng lakukan langkah sesuai petunjuk yang sudah kita berikan ya , 

Yuk, langsung eksekusi resep berikut yang enak dan mudah dibuat dirumah

🍽 🍽 Ikan bandeng goreng sambal kecap 🍽 🍽 
Bahan:
- 2 ekor ikan bandeng
Bumbu marinasi, haluskan:
- 2 cm kunyit
- 1 sdt ketumbar
- Garam dan merica
- Kaldu bubuk
Sambal kecap:
- Tomat hijau
- Bawang merah
- Cabai rawit
- Kecap manis
Cara membuat:
1. Bersihkan ikan, tidak perlu dibersihkan sisiknya. Buang kepala dan ekornya. Kerat-kerat ikan setiap 1/2 cm.
2. Balur ikan dengan bumbu marinasi, diamkan selama 30 menit.
3. Goreng ikan sampai matang.
4. Siapkan sambal kecap, iris semua bahan, taruh di dalam piring kecil dan tuangkan kecap manis. Aduk rata dan sajikan.

🍽 🍽 Tenggiri goreng saus asam gurih 🍽 🍽 
Bahan:
- 400 gr ikan tenggiri
- 1 sdt asam jawa
- 150 ml air
- 1 sdm krimer
- 3 sdm kecap manis
- 3 butir bawang merah, iris kasar
- 8 cabai rawit, iris
- Garam, lada, dan gula secukupnya
Cara membuat:
1. Cuci bersih ikan dengan air mengalir, lalu marinasi ikan selama 30 menit dengan sedikit garam dan lada.
2. Setelah itu goreng ikan sampai matang. Sisihkan.
3. Didihkan air asam jawa, lalu masukkan krimer dan kecap manis.
4. Masak sampai mengental, kemudian masukkan ikan goreng, bawang merah, dan cabai rawit.
5. Bumbui dengan sedikit garam dan gula, aduk rata. Angkat dan sajikan.

🍽 🍽 Kakap merah tauco cabai hijau 🍽 🍽 
Bahan:
- 2 ekor atau 500 gr ikan kakap merah
- 2 sdm tauco Bangka, cuci bersih dan tiriskan
- Cabai hijau keriting, potong serong
- Cabai rawit merah, belah menjadi dua
- 2 butir tomat hijau
- 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
- Kecap manis secukupnya
- Garam
- Gula
- 1 sdm saus tiram
- Air dan minyak goreng secukupnya
- Air jeruk kunci
Bumbu iris:
- 1 potong jahe, iris tipis memanjang
- 5 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
Cara membuat:
1. Cuci bersih ikan, kerat-kerat punggungnya dan beri perasan air jeruk kunci dan garam. Diamkan sebentar, kemudian goreng dan sisihkan.
2. Tumis bumbu iris sampai harum, masukkan ikan, tauco, kecap manis, saus tiram, gula, dan garam. Tambahkan juga air secukupnya.
3. Masak sampai mendidih, lalu masukkan cabai hijau, cabai rawit, dan tomat.
4. Tambahkan larutan tepung maizena, masak hingga bumbu meresap, tes rasa, angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

🍽 🍽 Ikan kembung goreng 🍽 🍽 
Bahan:
- 250 gr ikan kembung, bersihkan
- Garam dan merica secukupnya
- 1/2 buah jeruk nipis
Bahan sambal kecap:
- 5 cabai rawit, iris
- 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
- 4 siung bawang merah, iris
- 1/2 buah tomat
- 5 sdm kecap manis
- Garam
Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan garam, merica, dan jeruk nipis sampai rata.
2. Diamkan selama satu jam atau satu malam di dalam kulkas.
3. Goreng ikan sampai matang. Siapkan di atas piring saji.
4. Kemudian buat sambal kecap dengan mencampurkan semua bahan. Aduk rata dan sajikan bersama ikan kembung.

🍽 🍽 Ikan goreng sambal terasi 🍽 🍽 
Bahan:
- Ikan mujair
- Jeruk nipis
- Garam
- Minyak goreng
Bahan sambal:
- Cabai merah keriting
- Cabai rawit merah
- Bawang merah
- Tomat
- Terasi
- Garam
- Gula
- Kaldu jamur
Cara membuat:
1. Bersihkan ikan, buang sisik dan isi perutnya, lalu cuci bersih, kerat badan ikan. Balurkan dengan perasan air jeruk nipis dan garam, diamkan beberapa saat, lalu goreng hingga matang. Angkat dan sajikan.
2. Siapkan sambal, haluskan atau ulek cabai, bawang merah, tomat, dan terasi. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum dan matang, beri garam, gula, dan kaldu jamur sesuai selera. Koreksi rasa.
3. Siap untuk disajikan.
4. Tambahkan lalapan sesuai selera agar lebih nikmat.

🍽 🍽 Ikan kerapu goreng sambal dabu-dabu 🍽 🍽 
Bahan:
- 1 ekor ikan kerapu
- 1 buah jeruk nipis
- Garam
Bahan sambal dabu-dabu:
- Tomat hijau
- Tomat merah
- Cabai rawit
- Bawang merah
- Garam
- Jeruk kunci
- Minyak panas
Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam, biarkan selama 15 menit, lalu goreng sampai matang.
2. Untuk sambal dabu-dabu, iris semua bahan, tambahkan garam dan siram dengan minyak panas. Tambahkan perasan air jeruk kunci. Sajikan dengan ikan kerapu goreng.

🍽 🍽 Ikan tuna kriuk 🍽 🍽 
Bahan:
- 1/2 kg ikan tuna fillet, potong sesuai selera
Bahan tepung basah:
- 6 sdm tepung bumbu serbaguna
- Air secukupnya
Campur. Jangan terlalu encer.
Bahan tepung kering:
- 6 sdm tepung terigu
- 3 sdm tepung tapioka
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
Cara membuat:
1. Buat adonan tepung basah, campurkan tepung dan air. Aduk sampai mengental, usahakan adonan jangan terlalu cair.
2. Siapkan juga adonan tepung kering dengan mencampurkan semua bahan.
3. Masukkan potongan ikan tuna ke dalam tepung basah, kemudian celupkan pada tepung kering sambil dicubit-cubit, lakukan pada semua potongan ikan.
4. Goreng ikan dengan minyak panas hingga matang. Sajikan.

🍽 🍽 Ikan goreng cabai hijau 🍽 🍽 
Bahan:
- 1/2 kg ikan tenggiri
- 2-3 buah jeruk kunci
- Garam, gula, dan kaldu jamur
- 3-4 buah tomat hijau, potong dadu
- Minyak goreng
- 3-4 lembar daun jeruk
Bumbu ulek:
- 8-10 cabai hijau besar
- 10-20 cabai rawit hijau
- 10 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
Cara membuat:
1. Cuci bersih ikan, kemudian lumuri dengan jeruk nipis, garam, gula, dan kaldu jamur sesuai selera. Diamkan selama minimal 15 menit.
2. Goreng ikan sampai matang. Angkat dan sisihkan.
3. Tumis bumbu ulek dan daun jeruk dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan tomat hijau, tumis dengan api kecil sampai tomat layu.
4. Masukkan garam, gula, kaldu jamur, dan air jeruk nipis, tes rasa. Jika sudah pas, masukkan ikan goreng, aduk rata, angkat dan sajikan.

🍽 🍽 Ikan bawal goreng sambal matah 🍽 🍽 
Bahan:
- Ikan bawal, bersihkan dan kerat
- Minyak goreng
- 1 buah jeruk nipis
Bumbu halus:
- 6 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- Kunyit
- 1 sdm ketumbar
- Garam
Sambal matah:
- 6 buah bawang merah, potong
- 7 buah cabai rawit, potong
- Daun jeruk, potong tipis
- Garam
- Minyak panas
Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit.
2. Lumuri ikan dengan bumbu halus sampai rata. Lumuri juga pada bagian perut ikan. Diamkan selama 30 menit.
3. Panaskan minyak goreng.
4. Goreng ikan sampai matang.
5. Siapkan sambal matah dengan mencampurkan semua bahan. Siram dengan minyak panas. Aduk dan sajikan.

🍽 🍽 Pindang ikan mas 🍽 🍽 
Bahan:
- 1 kg ikan mas
- 8-10 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2-4 butir kemiri, sangrai
- Terasi secukupnya
- 2 ruas kunyit, bakar
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai
- 2 ruas laos
- Gula merah dan garam secukupnya
- Kecap manis secukupnya
- Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
1. Lumuri ikan mas dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar lalu cuci bersih.
2. Goreng ikan mas sebentar dalam minyak panas.
3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri dan terasi sampai halus, kemudian tumis bumbu halus sampai harum.
4. Siapkan wajan yang sudah dialasi daun salam, kemudian masukkan ikan mas, tuangi bumbu halus yang sudah ditumis di atasnya. Tambahkan serai, dan laos.
5. Masukkan air, gula merah yang sudah dicairkan, kecap manis sampai ikan terendam.
6. Kecilkan api dan tutup wajan sampai ikan empuk dan menyerap.
7. Ikan siap dihidangkan sampai air menyusut.
 
🍽 🍽 Pecak gurame 🍽 🍽 
Bahan:
- 2 ekor ikan gurame
- 2 jeruk nipis
- 2 sdm garam
- Minyak untuk menggoreng
Bumbu sambal:
- 7 butir bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 4 cabai merah keriting
- 2 cabai merah besar
- 10 buah cabai rawit merah
- 2 cabai hijau besar
- 2 cabai hijau keriting
- 5 bh cabai rawit hijauuk sedang
- 1 ruas kencur
- 100 ml air matang
- 1 sdm garam
- 1 sdt bubuk kaldu instan
Bumbu utuh:
- 7 buah tomat hijau
- 4 buah jeruk limau
Cara membuat:
1. Bersihkan ikan, kerat di dua sisi, kemudian lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan minimanl 30 menit. Kemudian goreng sampai kering.
2. Cuci bersih semua bahan sambal. potong-potong kemudian tumis dengan sedikit minyak sampai layu.
3. Haluskan bumbu sambal, kecuali tomat hijau dan jeruk limau, ulek kasar, tambahkan garam dan kaldu, aduk rata.
4. Kucuri jeruk limau dan tambahkan air matang, aduk rata, tambahkan irisan tomat hijaunya.
5. Kemudian siram sambal pecak ke atas gurame gorengnya. siap dinikmati

🍽 🍽 Lele penyet 🍽 🍽 
Bahan:
- kg ikan lele
- 1 sdt kunyit bubuk
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 1 sdt garam
Bahan sambel penyet:
- 6 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 4 buah tomat besar
- 3 buah cabai merah besar
- 1 keping terasi
- 1 lembar daun jeruk
- 1 sdm gula merah
- Segenggam rawit
- Garam, Kaldu jamur secukupnya
Cara membuat:
1. Bersihkan lele, kerik badannya, lalu balur jeruk nipis dan garam aduk rata, diamkan sampai lendirnya luntur, cuci lagi lalu kerat badannya dan baluri dengan bumbu.
2. Goreng lele sampai garing. Angkat dan tiriskan.
3. Goreng semua bahan cabai kecuali daun jeruk dan gula Jawa, lalu uleg bahannya, setelah halus goreng sebentar tambahkan gula merah dan daun jeruk, beri air sedikit masak sampai kental.
4. Letakkan ikan lele di atas cobek lalu tambahkan sambal dan penyet-penyet lelenya. Siap disajikan dengan nasi hangat dan lalapan

🍽 🍽 Ikan peda goreng tepung 🍽 🍽 
Bahan:
- 4 ekor ikan pedan
- 3 sdm tepung
- Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
1. Cuci ikan peda pakai air biasa lalu potong menjadi 2.
2. Balurkan pada tepung terigu kering.
3. Panaskan minyak lalu masukan ikan peda goreng sampai cokelat keemasan.
4. Angkat dan sajikan.
Ikan goreng sambal tomat
Bahan:
- 3 ekor ikan
- 3 siung bawang putih
- 2 sdm garam
- 1 sdt air jeruk nipis
- 2 cm jahe
- 1 sdt ketumbar
- Minyak goreng
Bahan sambal tomat:
- 10 cabai merah keriting
- 10 cabai rawit merah
- 7 butir bawang merah
- 1 buah tomat merah
- Garam sesuai selera
- Gula sesuai selera
Bahan lalapan:
- Pete
- Pokcoy, rebus, tiriskan
- Jagung muda, rebus, tiriskan
Cara membuat:
1. Cuci bersih ikan, lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sdm garam, biarkan 15 menit. Cuci bersih kembali, tiriskan.
2. Uleg halus bawang putih, ketumbar, jahe, 1 sdm garam, balurkan ikan dengan bumbu. Goreng dengan minyak banyak sampai garing.
3. Goreng cabai, bawang merah, dan tomat sebentar. Ulek kasar, tambahkan garam dan gula, dan 1 sdm minyak bekas menggoreng.
4. Sajikan ikan goreng dan sambal tomat, lengkap dengan lalapannya

🍽 🍽 Ikan goreng sambal dabu-dabu 🍽 🍽 
Bahan ikan goreng:
- 3 ekor ikan kembung
Bumbu halus:
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 1 sdm ketumbar
- 3 siung bawang putih
- Garam secukupnya
- 50-100 ml cuka makan
Cara membuat:
1. Cuci ikan lumuri dengan perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit lalu bilas. Lumuri ikan dengan bumbu halus, diamkan beberapa jam agar meresap lalu goreng garing dengan api sedang. Tiriskan.
Bahan sambal:
- Cabai rawit hijau, rawit merah, cabai keriting
- Tomat merah dan tomat hijau
- Bawang merah
- Perasan jeruk nipis
- Gula, garam secukupnya
- 50ml minyak goreng dipanaskan
Cara membuat:
1. Iris semua bahan, lalu siram dengan minyak panas dan kucuri perasan air jeruk nipis.
2. Letakkan ikan di atas piring lalu lumuri dengan sambal hingga merata.
3. Sajikan.



Baca juga  Resep Olahan Tahu Putih yang Lezat dan Mudah Dibuat

Tidak ada komentar:

Metadewa, Metadewa rtp , metadewa game , metadewa slot , metadewa agen resmi , metadewa spin

 Metadewa, Metadewa rtp , metadewa game , metadewa slot , metadewa agen resmi , metadewa spin 🏆 METADEWA metadewa agen resmi 🏆  METADEWA t...